Malaysia Kembangkan “Biofuel” dari “Sweet Sorghum”

Juni 11, 2008 pukul 3:21 am | Ditulis dalam Berita Energi, Biofuel, Energy Policy, Managemen Energi | 8 Komentar

Kuala Lumpur (ANTARA News) –

Dewan Perdagangan Islam Negeri Kelantan (DPIMNK), Malaysia, merencanakan memproduksi “biofuel” (bahan bakar nabati) dengan membangun perkebunan pohon “sweet sorghum”.

Ketua DPIMNK Illias Hussin mengatakan produksi ethanol dari pohon sweet sorghum untuk dijadikan biofuel dapat membantu mengurangi penggunaan bensin dari minyak bumi sekaligus mengurangi anggaran pembelian minyak bumi, demikian Utusan Malaysia, Selasa.

Sebagai langkah awal, organisasi itu akan menanam 700.000 pohon sweet sorghum seluas lima hektar di Kandis, Bachok guna merangsang berbagai pihak ikut menanam jenis tanaman ini.

“Ethanol dari pohon sweet sorghum telah terbukti sebagai komponen terpenting dalam penghasilan biofuel dan berpotensi untuk pasaran dunia,” kata Illias.

Hasil kajian menemukan 10 persen biofuel yang dicampurkan dengan bensin bisa meningkat jarak tempuh mobil hingga 30 persen dan harganya sangat murah. “Pohon ini mudah ditanam karena tidak memerlukan biaya yang tinggi serta tidak perlu disiram setiap hari,” katanya.

DPIMNK juga telah membeli mesin seharga 200.000 ringgit untuk menghasilkan ethanol dan biofuel.

“Kebanyakan negara seperti Amerika, India dan China telah mengusahakan penanaman pokok ini untuk menghasilkan ethanol,” kata Illias.(*)

8 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Indonesia punya lahan yang sangat luass, akan sangat memprihatinkan bila nantinya produksi biofuel kita ketinggalan dari Malaysia. Sebagaimana pernah terjadi untuk sawit.

  2. Kenapa pemerintah terkesan lambat untuk merespon peluang yang ada pada hal ini bisa menyelamatkan bangsi kita.

  3. Tahun 2009 saya declare sebagai BIO FUEL AND BEEKKEPING YEAR 2009.
    Saya akan kembangkan tanaman Sorghum dalam bentuk INTEGRATED FARMING dengan peternakan lebah dan sapi perah. Bunga sorghum banyak pollennya untuk lebah madu menghasilkan bee pollen dan royal jelly dan madu. Limbah sorghum dan daun dibuat silase untuk pakan sapi perah (susu dan daging), Untuk tanam sorghum di musim kemarau dan daerah kering NTT,NTB, Sulawesi kita beri ALCOSORB sebagai penyimpan air sehingga sorghum dapat DITANAM DAN DIPANEN sepanjang tahun.
    Indonesia akan segera menjadi makmur dengan program ini. karena SORGHUM menjadi sumber 3 F (Food, Feed, Fuel) dan 1 H(Healthy : madu dll), dan 1W(Wealthy).Jutaan lahan hutan yang rusak dan lahan tidur di Indonesia akan segera menjadi sumber bio fuel dan memakmurkan bangsa Indonesia.
    Siapa mau gabung dan invest di Indonesia dengan konsep ini silahkan hubungi saya di email
    bambangsoekartiko@yahoo.com atau +622178830046
    Selamat bergabung.

    • P. Bambang, PT saya sdh terjun dengan penanaman tan Sorghum Numbu sejak tahun lalu. Didaerah Cisoka, Balaraja. Dan tahun ini kita akan expansi 100 ha di daerah Rangkas Bitung dan Serang.
      Tujuannya memang ke arah FEED,FOOD dan FUEL. Bermula bertanam Sorghum untuk pakan sapi dan kemudian bertahap utk Pangan dan Bioetanol.
      Bila ada yang perlu didiskusikan sangat welcome sekali.

  4. Ya, inilah negara kita. Bisanya impor BBM doang. Yuk kita bersama kembangkan sorgum manis. Silahkan hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Saya tunggu

  5. Iya ya, seperti komentar Mas Syarifuddin, kenapa Pemerintah kita lambat sekali responnya, padahal ini salah satu langkah untuk menyelamatkan anak cucu kita. Seperti kami di IPB sekarang sudah mulai concent untuk meneliti tanaman sorghum, mari kita bahu membahu menyelamatkan bangsa di masa mendatang…”Ayo semangat mengembangkan sorghum”.

  6. […] from: Berita – berita Energi Gabung dengan Komunitas Jaringan […]

  7. dimana saya bisa mendapatkan bibit sorghum dengan kualitas unggul????? saya berlokasi di kota Palembang Sumatera Selatan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: