Gas Industri Gunakan Formula Harga Atas dan Bawah

April 8, 2008 pukul 4:51 am | Ditulis dalam Berita Energi, Migas | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Senin, 24 Maret 2008
JAKARTA — Pemerintah akan menerapkan sistem harga batas atas (ceiling price) dan batas bawah (floor price) untuk harga jual gas ke konsumen industri. Perusahaan Gas Negara (PGN) diminta segera menyusun skema ceiling price dan floor price gas industri ini.

Dirjen Migas Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Luluk Sumiarso, menuturkan pihaknya sedang menyusun kebijakan pemanfaatan gas nasional. Salah satu yang dirumuskan dalam kebijakan gas nasional ini, adalah mengenai formula harga gas.

”Supaya kita konsisten, formula harga gas itu akan kita buat berdasarkan kategorisasi,” ujar Luluk di Jakarta akhir pekan lalu. Pengkategorian gas ini, jelasnya, akan dibagi menjadi tiga, yakni kategori bahan bakar industri, bahan bakar tertentu, dan bahan bakar umum.

Untuk gas yang termasuk kategori bahan bakar untuk industri, ungkap Luluk, akan dibuatkan semacam formula harga tersendiri. Harga gas untuk industri, akan dibuatkan formula yang memberi keleluasaan bagi konsumen industri. ”Tetapi jangan sampai dilepas sesuai (harga) pasar, salah satunya dengan menerapkan ceiling price,” tandasnya.

Luluk menambahkan, untuk formula harga gas ke konsumen industri, pemerintah akan menggunakan rumusan yang dibuat PGN. ”Saya sudah bicara dengan PGN.”

Direktur Utama PGN Sutikno menuturkan ke depannya formula harga gas untuk industri direncanakan menggunakan parameter ceiling price dan floor price. ”Saat ini masih dalam pembahasan dengan Ditjen Migas,” ujarnya.

PGN, jelas Sutikno, mengusulkan skema floor price mengacu pada rumusan harga beli ditambah biaya transportasi atau biaya distribusi ditambah biaya-biaya lain. Sedangkan ceiling price diusulkan menggunakan skema potongan harga (discount price) terhadap harga solar bersubsidi.

Pemerintah, lanjut Luluk, hanya akan memberikan subsidi untuk gas yang masuk kategori bahan bakar tertentu. Gas yang masuk kategori bahan bakar tertentu adalah gas yang dijual dalam kemasan tabung.

(dia )

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: