Banyu Urip di Blok Cepu memiliki kandungan minyak lebih dari 250 juta barel

Maret 11, 2008 pukul 7:11 am | Ditulis dalam Berita Energi, Migas | 3 Komentar
Tag: , , , ,

22/02/08 14:36
Semarang (ANTARA News) – ExxonMobil dan Pertamina memprediksi ladang minyak Banyu Urip di Blok Cepu memiliki kandungan minyak lebih dari 250 juta barel, sehingga bisa menjadi andalan bahan bakar minyak (BBM) Indonesia.

“Pada puncak produksi, ladang minyak Banyu Urip diperkirakan mampu memproduksi 165 ribu barel minyak per hari. Blok ini juga masih memiliki potensi untuk penemuan tambahan,” kata General Manajer Mobil Cepu Ltd, Michael K. Nelson, di sela-sela Penandatanganan Perjanjian Syarat dan Ketentuan Pengalihan “Participating Interest” (PI) 10 Persen Blok Cepu, di Semarang, Jumat.

Penandatanganan pengalihan PI 10 persen Wajib Kuasa Penambangan (WKP) Blok Cepu dilakukan empat BUMD, dengan dihadiri Gubernur Jateng Ali Mufiz, Gubernur Jatim Imam Utomo, Bupati Bojonegoro H.M. Santoso, Bupati Blora Yudi Santjojo, PT Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) Cepu, dan Mobil Cepu Limited.

Mobil Cepu Limited (MCL) merupakan anak perusahaan ExxonMobil Corporation, sementara PT Pertamina EP Cepu merupakan anak perusahaan PT Pertamina. Kedua perusahaan minyak ini sepakat menandatangani perjanjian jual beli 10 persen PI dalam kontrak kerja sama Blok Cepu dengan empat BUMD, yakni PT Sarana Patra Hulu Cepu (Jawa Tengah), PT Petro Gas Jatim Utama Cendana (Jatim), PT Blora Patragas Hulu (Blora), dan PT Asri Dharma Sejahtera (Bojonegoro).

Dengan adanya jual beli itu, katanya, maka Mobil Cepu Limited (MCL) dan Ampolex Pte. Ltd., yang merupakan anak perusahaan ExxonMobil Corporation memiliki PI di Blok Cepu sebesar 45 persen, Pertami EP Cepu 45 persen, dan empat BUMD 10 persen.

“MCL gembira terkait tercapainya perjanjian dengan empat BUMD. Kita berterima kasih dengan adanya dukungan yang diterima dari masyarakat maupun pemerintah agar pelaksanaan ekplorasi minyak di Blok Cepu berjalan sesuai harapan,” katanya.

Nelson percaya bahwa kerja sama ini akan membantu untuk maju kepada tahap pengembangan Blok Cepu dengan lebih efektif dan efisien karena Blok Cepu mempunyai kandungan minyak yang cukup besar.

Luas lahan ladang minyak di Blok Cepu saat ini mencapai seluas 10 hektare, sedangkan kawasan penyangga yang dibebaskan mencapai 80 ha.
(*)

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. PERCUMA DITEMPATKU ADA SUMBER MINYAK KARENA TIDAK ADA KOMPENSASI YANG REAL BAGI MASYARAKAT HANYA JANJI 2, TAMBAH HARI TAMBAH MISKIN

  2. nek kompensasi arupo program ndi mbakal makmur to mas??..mesti sing mlenduk nggok ngarep to nggok mburi….nek wong cilik arep tekan ngenndi to mas?!!!…aku mung menehi wawasan mungguh ADIL LAN MAKMUR WAROTO piye….

  3. kenapa ya Mcl/ExxonMobile tidak memberikan pekerjaan kepada putra daerah diblok cepu tepatnya didesa kami Gayam/Mojodelik sedangkan tanah kami udah habis dipakai untuk pembebasan lahan CPF…
    kalau bisa tolong diperhatikan juga nasib kami jangan cuma ambil keuntungan didaerah kami saja tapi tlong pedulikan nasib kami juga.
    sebenarnya kami sudah sangat bersyukur ada produksi minyak didaerah kami tapi kami juga mengharapkan kesejahtraan bagi putra-putri daerah ini…dan saya menyukuri dengan adanya MCL didaerah kami pembangunan udah begtu maju sarana umum udah mulai dibangun,tempat ibadah juga…
    tetapi yang paling begitu ketinggalan adalah didusun kali glonggong-ds gayam sarana umum belum tersentuh sama sekali tempat ibadah seperti masjid belum ada bantuan dari dulu bahkan sekarang masih acak-acakan dan jembatan yang menghubungkan dusun sumur pandan dan dusun temlokorejo rusak parah dan tidak bisa dilewati tp sebenarnya dulu jembatan itu yang mebangun MCL tp kenapa skrang tidak ada perbaikan……..
    tolong pedulikan nasib kami
    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: