Bagaimana meningkatkan faktor daya?

Februari 11, 2008 pukul 2:44 am | Ditulis dalam Managemen Energi | 3 Komentar
  1. Mengurangi pembebanan yang tidak efisien. Motor listrik yang dibebani penuh akan memberikan efisiensi yang lebih baik daripada yang dibebani sebagian. (partial load)
  2. Memasang kapasitor eksternal pada motor listrik atau pada peralatan distribusi daya.
  3. Menggunakan motor yang efisien. Motor yang efisien pada umumnya lebih mahal daripada motor ‘biasa’. Namun dengan perhitungan ekonomis jangka panjang, penggantian dengan motor yang efisien akan lebih menguntungkan.
  4. Pemakaian motor sinkron dibandingkan motor induksi. Untuk ukuran tertentu, motor sinkron lebih mahal dari pada motor induksi. Motor sinkron banyak digunakan pada aplikasi putaran konstan. Motor sinkron membutuhkan arus AC dan DC, namun saat ini telah banyak digunakan motor sinkron yang hanya menggunakan arus AC saja karena arus DC telah dapat dibangkitkan oleh field winding nya sendiri. Motor sinkron dengan daya rating diatas 300hp dan putaran lebih rendah dari 1200rpm lebih murah dari motor induksi. Namun faktor yang lebih penting adalah motor sinkron memiliki faktor daya yang lebih baik. DMotor sinkron saat dibebani rendah akan mensupply daya reaktif ke sistem dan saat dibebani penuh tidak mengambil ataupun memberi daya reaktif. Kedua sifat ini akan memberi imbas positif pada program penghematan energi.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. oke banget

  2. saya baru tahu kalau motor sinkron memiliki efisiensi lebih baik saat beban penuh, dan tidak menarik daya reaktif pada beban penuh. bisa diterangkan?

  3. Bisa ngga jelasin daya reaktif kaitannya dengan motor sinkron sehingga dia dapat menguntungkan atau lebih efesien. toh kenapa diperusahaan pabrik semen menggunakan motor induksi kenapa bukan motor sinkron


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: