‘Mataloko Terang’, Pengembangan Panas Bumi Untuk Listrik di Ngada, NTT

Januari 31, 2008 pukul 7:18 am | Ditulis dalam Berita Energi, Geothermal | Tinggalkan komentar

Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar program ‘Mataloko Terang’. Inilah program pengembangan dan pemanfaatan potensi panas bumi untuk PLTP guna melistriki pedesaan di Mataloko, Ngada, NTT.

Program yang telah digulirkan sejak tahun 1998 ini menangani pengembangan potensi panas bumi di Mataloko, sejak dari sisi hulu hingga hilir. Melalui program ini potensi panas bumi yang terletak di areal sekitar 5 km2 dengan potensi cadangan terduga sekitar 65 MW bisa dimanfaatkan menjadi listrik.

Guna mengembangankan potensi panas bumi di Mataloko, pada Juli 2004 telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara Ditjen Geologi dan Sumber Daya Mineral (GSDM), Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi (LPE), Pemda Kabupaten Ngada dan PT PLN. Sebagai koordinator adalah Ditjen LPE.

Pengembangan potensi sumber panas bumi yang terletak di sekitar 15 km sebelah timur kota Bajawa, Ibukota Kabupaten Ngada, dimulai dengan survei pendahuluan oleh Direktorat Vulkanologi tahun 1984 dan 1997. Kegiatan eksplorasi dilakukan tahun 1997 hingga 2002.

Eksplorasi dilakukan oleh Indonesia (Direktorat Vulkanologi) dan Jepang (GSJ, West JEC, MRC dan NEDO) dalam kerjasama ‘The research cooperation project of the Exploration os Small Scale Geothermal Resources in the Eastern part of Indonesia (ESSEI). Ada dua sumur yang dilakukan eksplorasi dalam kerjasama ini yaitu MT-1 dan MT-2.

Selanjutnya dua sumur lagi yaitu MT-3 dan MT-4 berhasil dibor tahun 2003 oleh Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral. Sedang sumur semi eksplorasi MT-5 dan sumur reinjeksi MT-6 berhasil dikerjakan pemboran tahun 2005. Berturut-turut hingga 2007 diselesaikan pemipaan menuju lokasi Steam Gathering (SG), pengerjaan SG serta uji uap gabungan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: