Cina Tambah Impor Batu Bara dari Indonesia

Januari 31, 2008 pukul 6:34 am | Ditulis dalam Berita Energi | Tinggalkan komentar

 Rabu, 23 Januari 2008

TEMPO Interaktif, Jakarta:Cina menambah impor batu bara dari Indonesia menjadi tiga kali lipat atau 14,5 juta ton pada tahun ini. Penambahan impor pasca pemangkasan impor batu bara dari Australia sebanyak 34 persen karena aturan pengiriman barang dengan kapal angkut yang lebih ketat.

Selain meningkatkan impor dari Indonesia, Cina meningkatkan impor dari Korea Utara dan Vietnam. Impor dari Vietnam memenuhi setengah kebutuhan Cina. Total impor batu bara yang dikurangi dari Australia sebanyak 4,52 juta ton. Impor dari Vietnam meningkat 23 persen menjadi 24,6 juta ton dan dari Korea Utara meningkat menjadi 51 persen menjadi 3,7 juta ton.

Cina dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat menjadi negara net importir batu bara sejak Januari. Permintaan Cina akan batu bara akan meningkat menjadi 2,76 miliar metrik ton tahun ini.

Menurut Direktur Indonesian Coal Society (ICS), Singgih Widagdo, dengan jumlah ekspor yang besar, Indonesia memainkan peranan penting pasar batu bara internasional.

Pada 2007, Indonesia memproduksi sekitar 213 juta ton dengan ekspor sebanyak 170 juta ton. Tahun ini diperkirakan produksi batu bara sekitar 235 juta ton, dengan ekspor sekitar 185 juta ton. “Total kebutuhan Asia Pasifik 350 juta ton, sehingga potensi ekpor 185 juta ton tahun ini sangat signifikan,” ujar Singgih, Rabu (23/1).

Proyeksi konsumsi batu bara naik pesat seiring proyek percepatan listrik 10.000 megawatt. Pada 2010 diperkirakan PLN akan mengkonsumsi batu bara sebesar 82 juta ton. Sedangkan permintaan global diperkirakan diatas 200 juta ton.

Menurut peneliti dari Pusat Penelitian Energi Institut Teknologi Bandung Retno Gumilang Dewi, langkah Cina yang melakukan pembatasan ekspor untuk mengoptimalkan manfaat batu bara perlu ditiru. “Cina mengoptimalkan batu bara sebagai bahan baku industri,” ujar Retno. Di Tanah Air, batubara hanya dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan energi.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: