ALIHKAN LNG TANGGUH KE ASIA, RI BERPOTENSI RAUP US$ 1,75 MILIAR

Januari 31, 2008 pukul 7:29 am | Ditulis dalam Migas | Tinggalkan komentar

JAKARTA – Pemerintah Indonesia berpotensi mendapat tambahan penerimaan sekitar US$ 1,75 miliar dengan melakukan pengalihan penjualan 50% LNG Tangguh, dari yang sebelumnya diperuntukkan bagi
pembeli di Pantai Barat Amerika Serikat (West Coast), ke pasar Asia. Demikian disampaikan Wakil Kepala BPMIGAS Abdul Muin kepada Komisi VII DPR RI di Jakarta, Rabu (23/1).

“Dengan mengalokasikan volume secara optimal, pemerintah berpotensi mendapatkan tambahan penerimaan sekitar US$ 1,75 miliar,” kata Abdul Muin dalam paparannya.

Kontrak LNG Tangguh ke Sempra di Pantai Barat Amerika memberikan fleksibilitas untuk melakukan pengalihan ke pembeli lain hingga 1,85 juta metrik ton atau sekitar 50% dari volume kontrak per tahun. Sedangkan pasar Asia seperti Jepang dan Korea mempunyai potensi memberikan harga lebih tinggi.

“LNG yang dialihkan berpeluang mendapatkan harga yang lebih baik sesuai dengan situasi pasar LNG saat ini sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara,” ujar Muin.

Proyek Tangguh diperkirakan akan mulai memproses LNG pada akhir 2008 dan mulai mengekspor pada tahun 2009. Lapangan Tangguh berada di Teluk Bintuni dan diperkirakan memiliki 14,4 TCF cadangan gas terbukti. ***

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: