LANGKAH 1. Membuat Komitmen

November 21, 2007 pukul 4:35 am | Ditulis dalam Managemen Energi | 2 Komentar
Tag: , , , ,

1. Membuat Komitmen

Membuat Komitmen adalah hal pertama yang harus dilakukan, karena tanpa komitmen sebaik apapun program tidak akan berjalan secara berkesinambungan dan langgeng. Program dapat dihentikan kapan saja, tergantung pandangan dari management dan pelaksananya. Maka dari itu komitmen harus ditetapkan sebelum mulai melaksanakan program ini. Salah satu hal yang akan meneguhkan komitmen adalah pandangan bahwa program ini dapat memberi keuntungan finansial dan jika dilaksanakan terus menerus akan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Komitmen tidak tergantung dari ukuran perusahaan atau organisasi. Managemen harus menetapkan komitmen sejak awal agar nantinya dapat mengalokasikan tenaga kerja/staff dan dan pendanaan untuk menjamin pelaksanaan yang berkesinambungan.

Untuk dapat melaksanakan program ini, managemen perlu membentuk satuan kerja khusus untuk melaksanakan program ini dengan dedikasi penuh, dan menetapkan kebijakan energi yang kuat.

a. Menunjuk “Manager Energi”

Penunjukan Manager Energi adalah salah satu titik krusial yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hasil yang optimal dari program energi ini. Manager Energi berperan penting dalam menjamin terlaksananya program dan mengarahkan keseluruhan organisasi untuk tetap berjalan dalam koridor program energi.

Seorang Manager Energi tidak harus seorang ahli dalam masalah energi dan masalah teknis. Yang terpenting adalah dia harus menjiwai spirit program energi yang akan mampu memberi keuntungan ekonomi dan manfaat pada lingkungan. Manager Energi bisa ditunjuk sebagai pejabat tetap (bersifat struktural) ataupun melekat pada jabatan yang telah ada (bersifat fungsional).

Tugas seorang Manager Energi antara lain :

1. Mengkoordinir dan mengarahkan program energi secara keseluruhan.

2. Bertindak sebagai perwakilan management.

3. Mengkampanyekan manfaat management energi di dalam organisasi.

4. Merancang kebijakan energi.

5. Menghitung besaran yang dapat dicapai dari program managemen energi.

6. Membentuk dan memimpin Team Energi.

7. Mengendalikan sumber daya yang memadai untuk menjamin pelaksanaan managemen energi strategis.

8. Menjamin akuntabilitas dan komitmen dari manajemen inti.

9. Mengidentifikasi peluang untuk peningkatan dan menjamin pelaksanaannya.

10. Mengukur, menelusuri, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan hasilnya.

11. Memberi penghargaan untuk setiap pencapaian kemajuan.

b. Membentuk Team Energi

Keputusan mengenai pemakaian energi sehari – hari mempengaruhi hajat hidup orang banyak, maka dari itu harus juga melibatkan orang banyak dalam penyusunan programnya. Membentuk Team Energi akan banyak membantu dalam menyatukan kepentingan orang banyak berkaitan dengan managemen energi. Tugas Team Energi selain melaksanakan program energi yang khusus pada bidang kerja masing – masing, Team Energi juga menghitung, menelusuri, dan mengevaluasi kinerja energi dan mengkomunikasikannya dengan managemen, karyawan, dan stake holder.

Jumlah anggota Team Energi bervariasi, tergantung ukuran organisasi. Namun, selain menunjuk orang – orang tertentu yang akan berdedikasi penuh melaksanakan program energi, ada baiknya juga menunjuk perwakilan dari tiap bidang yang akan berperan dalam implementasi program energi terkait bidangnya.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] LANGKAH 1. Membuat Komitmen […]

  2. Dear all,

    Mohon bantuannya ,jika ada perusahaan yang sudah membentuk Team Energi..mohon kami diberitahu nama perusahaan ? Alamatnya ? rencananya kami akan study banding.

    Terima kasih atas bantuannya.

    Regards,

    Abd.Rouf


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: