5.000 Sumur Minyak Tua Akan Diaktifkan

April 8, 2008 pukul 1:25 am | Ditulis dalam Berita Energi, Energy Policy, Migas | 3 Komentar
Tag: , ,

Dikutip dari suara pembaruan :

[JAKARTA] Sebanyak 5.000 dari 13.824 sumur minyak tua yang tersebar di Indonesia akan diaktifkan kembali untuk diproduksi. Diperkirakan 5.000 – 12.000 barel per hari (bph) dapat dihasilkan dari pengaktifan tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menambah produksi minyak nasional.

Demikian dituturkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Luluk Sumiarso dalam jumpa persnya di Jakarta, Jumat (4/4). Menurut dia, sumur-sumur tua yang sudah ditinggalkan tersebut, sebetulnya memiliki potensi untuk memproduksi minyak, meskipun dengan jumlah yang kecil.

“Sumur-sumur tua ini, memiliki potensi menghasilkan minyak yang cukup baik. Perkiraan hitung-hitungan kami, sekitar 5.000 sumur tua bisa diaktifkan kembali dan dapat berproduksi. Meski jumlahnya tidak banyak, kami berpikir hal ini sebagai upaya meningkatkan produksi minyak, dan optimalisasi pemanfaatan sumur tua,” ujar Luluk.

Luluk menjelaskan, dari 13.824 sumur tua, 745 di antaranya aktif, sedangkan 13.079 tidak aktif. Sumur-sumur tua tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Antara lain, 3.623 di Sumatera bagian selatan, 3.134 di Kalimantan Timur, 2.496 di Jawa Tengah, Timur, dan Madura, 2.392 di Sumatera bagian utara, dan 208 di Papua.

Saat ini, pengaktifan kembali sumur-sumur sudah dilakukan PT Pertamina EP Bojonegoro – Cepu dengan produksi minyak mencapai 200 – 300 bph. Selain itu, 5 Februari 2008 lalu, pemerintah juga sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 1 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak bumi pada sumur tua.

Permen ini sekaligus menghapus Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 1285.K/30/M.PE/1996 tertanggal 26 Agustus 1996 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi pada sumur-sumur tua karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan peraturan perundang-undangan di bidang minyak dan gas bumi.

Dalam Permen No 1/2008, yang termasuk sumur tua yakni sumur yang dibor sebelum tahun 1970 dan pernah diproduksi serta terletak pada lapangan yang tidak diusahakan pada suatu wilayah kerja yang terikat Kontrak Kerja Sama dan tidak diusahakan lagi oleh kontraktor.

Keterlibatan BUMD

Sementara itu, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Direktorat Jenderal Migas R Priyono mengatakan, Koperasi Unit Desa (KUD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kini bisa ikut terlibat dalam proses produksi minyak dari sumur tua dengan bekerja sama melalui Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas.
Meski demikian, kerja sama tersebut ada aturan mainnya. Sesuai aturan, KUD dan BUMD dapat mengajukan permohonan kepada KKKS. Baik KUD maupun BUMD nantinya harus menyerahkan hasil produksi minyak mereka kepada KKKS untuk kemudian mendapat persetujuan BP Migas. Jika, aturan ini tidak dilakukan, KUD dan BUMD akan dikenakan sanksi pidana. [CNV/M-6]

About these ads

3 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

  1. @ .Mohon petunjuk aturam dalam proses sumur tua oleh KUD dan KKKS.
    @. Mohon petunjuk untuk sistem kontrak dan juga sistem dengan tenaga kerja,untuk standar dari keselamatan kerja hingga sistem pengajian.

  2. Banyak sumur-sumur yang belum tua tetapi tidak diproduksikan oleh Kontraktor Production Sharing, Asing maupun Lokal, sebaiknya diminta saja oleh Pemda kemudian kerjasama dengan Oil Company Nasional untuk dieksploitasi. Jangan hanya Pertamina yang diincar sumur-sumurnya….

    Sari

  3. Waduh, cost recoverynya besar kalau sumur tua diaktifkan lagi???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Tulisan dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: